Reviews & Photo Features @ijoel_terbang di fitur 03.02.2017

392
0

 

Reviews & Photo Features @ijoel_terbang

Portrait diartikan sebagai gambaran keindahan dari manusia, dimana ekspresi wajah begitu dominan untuk mengungkapkan persamaan, kepribadian, bahkan perasaan seseorang.

Ada beberapa foto yang masuk ke tagar kami, tapi foto ini menarik perhatian kami. Bagi kami, ini foto portrait yang menarik untuk diangkat. Foto portrait itu sendiri merupakan tipe foto yang mementingkan karakter dari subjek yang di foto.

Jenis Foto portrait biasanya banyak berkaitan dengan foto jurnalistik atau documentary. Dan menjadi salah satu jenis/gaya yang sangat diminati. Tapi sebenarnya terdapat perbedaan dengan Street Portrait. Pada Foto jurnalistik atau documentary merupakan gabungan dari unsur visual dan kata- kata dimana foto tersebut akan lebih jelas maknanya bila didukung dengan penjelasannya. Sedangkan pada Street Portrait dapat langsung menceritakan suatu keadaan subjek dan latar belakangnya atau malah sebaliknya. Foto karya @ijoel_terbang ini terlihat kental bahwa suasana hati/sisi personal sang fotografer hadir disini. Dan kemungkinan diambil pada ruang privat. Seorang sosok manusia memegang anjing peliharaannya. Ada cerita yang berbeda ketika wajahnya tertutupi, hanya mata yang berbicara disini. Seolah ada hal yang ditutupi, emosi yang labil, dan karakter yang penuh tanda tanya.

Bahkan gambaran tentang gender sosok tersebut juga seolah dirancukan. Penuh tanda tanya. Kami tidak melihat ada bentuk suasana sukacita/gembira yang tergambar. Menarik? Bagi kami ini salah satu bentuk eksplorasi sang fotografer untuk menceritakan opini nya melalui visual. Proses berpikir sang fotografer kenapa ia mengambil bentuk portrait pada foto ini yang yang menarik perhatian kami. Secara teknis; dengan sentuhan BW / LowSpeed/ Cahaya rendah, iapun mencoba membuat foto portrait ini menjadi sangat dalam untuk dimengerti. Sentuhan cinta yang biasa hadir antara manusia dan hewan peliharaannya malah terlihat sebaliknya. Ya, foto portrait yang sangat personal, imajinatif dan absurd. Harap Maklum ♥
——————–
Selected by @chris_tuarissa
——————–
Silahkan temukan karya menginspirasi lainnya di #MaklumFoto

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.