Street Photography Interview Series: #1 ROE

310
0

Street Photography Interview Series: ROE

Kali ini, Maklum Foto memiliki tamu yang sangat menarik yaitu Roe. Bagi rekan-rekan yang aktif di berbagai grup Street Photography di Indonesia mungkin tidak asing dengan sosok Roe. Berikut wawancara singkat kami dengan Roe.

Semua foto dalam artikel ini adalah hak cipta dan hak milik Roe.

Ceritakan awal mulanya anda mengenal dan tertarik akan Street Photography?

Pertama kali saya tertarik dengan Street Photography (SP) ketika saya melihat sesuatu yang unik, surprise, mengejutkan, tidak baku, dan di luar kenormalan pada karya-karya SP.

Kenapa anda memilih Street Photography?

SP untuk saya pribadi bukanlah sebuah genre. Bagi saya, SP adalah sebuah pendekatan. Pendekatan yang tidak terencana untuk mempresentasikan kondisi keseharian atau menyampaikan sebuah ide/pesan ke dalam bahasa visual. SP menarik bagi saya sebagai sarana untuk keluar dari batasan-batasan baku dan menggali lebih dalam apa sebenarnya hal yang selama ini saya lihat namun belum tervisualisasikan dengan baik.

© ROE

Sebagai penggiat Street Photography event seperti yang paling berkesan bagi anda?

Event hunting bareng selalu menarik karena bisa melihat berbagai sudut pandang dari kondisi dan waktu yang sama.

Belakangan saya banyak ikut dalam event diskusi/bedah buku yang membahas tokoh/cerita/filosofi di balik setiap penciptaan karya photo. Terlepas dari like & dislike, selalu menarik bagi saya untuk melihat apa yang ada di pikiran seseorang saat mengambil sebuah foto, bagaimana seseorang membahasakan sebuah ide atau apa yang menjadi alasan seseorang memilih suatu gaya untuk mempresentasikan idenya,

Dari pemahaman dan pengalaman anda foto SP yg bagus itu seperti apa?

Poto SP yang bagus adalah foto SP yang mempunyai efek surprise juga keunikan yang bersifat pribadi. Beberapa foto SP yang menarik untuk saya kadang secara visual tidak menarik dan tidak “layak jual”. Tapi saya bisa mengapresiasi setiap pendekatan yang sifatnya personal.

Apakah anda bergabung dengan komunitas Street Photography?

Ya

Bagaimana pengaruh komunitas tersebut terhadap anda dalam berkarya?

Selalu menarik melihat hasil karya teman-teman dari angle yang berbeda. Diskusi2 mendalam yang seringkali masuk sampai ke aspek filosofis dan konsepsi juga memperkaya dan memperdalam pemahaman saya di dunia fotografi.

© ROE

Komunitas Street Photography maupun individu penggiat Street Photography semakin berkembang pesat, bagaimana pendapat anda mengenai hal ini?

Berkembangnya SP bisa jadi awalnya dipicu oleh keinginan atau kegelisahan teman-teman utk keluar dr batasan dan aturan estetika visual yg ada. Entah komposisi, pencahayaan atau hal estetika visual lainnya.

Dari awal anda mengenal Street Photography apa yang menjadi kendalanya sebagai penggiat Street Photography aktif di Indonesia?

Lebih tepat saya bahasakan sebagai challenge. Challenge terbesar saya dalam SP adalah untuk tetap keluar dari aturan yang ada . SP adalah pendekatan yang tidak terencana, bebas, dan tidak ada aturan baku. Namun, meski sudah berjudul tidak terencana, bebas,dan tak ada aturan; pola2 lama (entahkah paradigma lama atau referensi dr fotografer lain yang dianggap terkenal) kadang malah menjadi batasan dan aturan baru. Akibatnya, frame2/pendekatan2 yang dibuat hanya menjadi pengulangan dr frame2/pendekatan2 yang sudah ada sebelumnya.

Proses pembelajaran dengan melihat gaya SP negara lain atau fotografer lain harus dibedakan dengan proses eksplorasi yang sifatnya sangat pribadi.

Menurut pendapat anda apa perbedaan SP Asia khususnya Indonesia/ dgn Negara2 d Eropa atau Amerika?

SP ala Indonesia? Hal ini yang sedang saya cari… Dan sampai sekarang saya juga tidak tahu jawabannya .. 🙂 🙂 🙂

Apa yang diharapkan dari SP Indonesia dikemudian hari/kedepannya?

Tiap negara/kebudayaan mempunyai karakter masing-masing yang membedakan dirinya dengan negara/kebudayaan lain. Tiap fotografer pun mempunyai karakternya masing2. PR dr kita masing-masing untuk berani untuk bercerita sesuai apa yang ingin diceritakan, dengan caranya sendiri, dan menemukan/ memilih bahasa visual yang tepat untuk mempresentasikannya.

Sekian wawancara kami dengan Roe. Semoga anda mendapatkan sesuatu yang positif dari wawancara ini. Seri wawancara Maklum Foto dengan Street Photographer berpengaruh di Indonesia akan ada 2 kali dalam sebulan.

© ROE
© ROE

Profil Roe:

Pada keseharian profesi sebagai arsitek, memulai perjalan dunia fotografi 2010. Saat ini banyak berkutat dengan photo story.

Facebook

Instagram

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.