Street Photography Interview Series: #24 Algi Febri Sugita (@algifs)

693
2

Street Photography Interview Series: Algi Febri Sugita

Muda dan bertalenta serta memiliki prestasi dikancah internasional. Diantaranya, 3 foto terpilih menjadi bagian dari buku foto World Street Photography 4 2016/2017, dipublikasikan oleh streetphotographymagazine.com. 

Selalu menjadi kehormatan bagi kami bisa menghadirkan kawan-kawan yang bisa punya prestasi dan tetap mempertahankan konsistensi pada jalur fotografi yang ditekuni.

Silahkan simak interview berikut bersama Algi Febri Sugita.

MF: Ceritakan awal mulanya anda mengenal dan tertarik akan Street Photography?

Awal mula saya mengenal dan tertarik akan Street Photography kira-kira pada tahun 2015 awal, saat itu di sosial media instagram tidak sengaja saya melihat akun dari @sambara35 dan @chris_tuarissa.

Beliau-beliau ini memotret di jalanan dan selalu menghasilkan karya yang menimbulkan pertanyaan di benak saya pada saat itu “Kok Bisa Motret sedekat ini ya? Kok bisa bagus gini ya? Gila bisa pas momentnya”.

Nah dari situlah mulai timbul rasa penasaran dan ketertarikan saya terhadap Street Photography. Saya memulai dengan searching terlebih dahulu, mencari informasi di internet apa itu Street Photography, lalu pada keesokan harinya saya langsung praktek turun kejalanan ternyata ini memang menantang dan asik!

© Algi Febri Sugita

MF: Kenapa anda memilih Street Photography? 

Karena bagi saya Street Photography itu seperti refreshing, karena kita keluar untuk jalan jalan dan berkat Street Photography saya tahu Jakarta, Jogja dan lain-lain. SP juga bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun, jadi kemana pun saya pergi saya masih bisa melakukannya.

Bonusnya saya bisa mendokumentasikan kota saya karena belum tentu dimasa yang akan datang lokasi yang saya foto masih akan tetap bertahan.

© Algi Febri Sugita

MF: Sebagai penggiat Street Photography, event seperti yang paling berkesan bagi anda? Jelaskan dengan singkat

Event saat dimana semua penggiat Street Photography yang berbeda kota dapat bertemu dan bercanda di satu event.

MF: Dari pemahaman dan pengalaman anda, foto SP yg bagus itu seperti apa?

Foto Street Photography yang bagus bagi setiap orang berbeda-beda. Namun menurut saya foto yang memiliki content dan isi cerita yang kuat serta dari komposisi juga kuat dan mampu menyentuh penikmat nya.

MF: Apakah anda bergabung dengan komunitas Street Photography? 

Ya, saya bergabung di Bandoeng Photostreet Shooter, I Shoot On The Street dan Indo Street Project.

MF: Bagaimana pengaruh komunitas tersebut terhadap anda dalam berkarya?

Sangat berpengaruh, saya banyak bertemu orang-orang hebat dan menginspirasi di dalam komunitas, dan banyak ilmu di dalam komunitas  tinggal kita ambil yang menurut kita bagus untuk kita kedepannya.

Dan juga komunitas bisa menjadi sarana bertukar pikiran tentang informasi atau ide-ide yang ada.

© Algi Febri Sugita

MF: Komunitas Street Photography maupun individu penggiat Street Photography semakin berkembang pesat, bagaimana pendapat anda mengenai hal ini? 

Dengan berkembang pesatnya penggiat Street Photographybaik individual maupun komunitas ini membuktikan bahwa banyak orang mulai tertarik dengan Street Photography, tinggal kita yang terlebih dahulu mengetahui tentang Street Photography membagikan pengalaman serta ilmu-ilmunya demi kemajuan Street Photography di Indonesia.

MF: Dari awal anda mengenal Street Photography, apa yang menjadi kendalanya sebagai penggiat Street Photography aktif di Indonesia?

Pada awal saya mengenal Street Photography yang menjadi kendala adalah mental. Saya gemetar ketika memotret orang-orang dijalanan karena takut di timpuk. Hahaha

MF: Menurut pendapat anda apa perbedaan SP Asia khususnya Indonesia/ dengan negara-negara di Eropa atau Amerika?

Perbedaan terlihat dari segi tata kotanya di Eropa/Amerika jelas lebih rapih dan tertata, budayanya pun berbeda.

Namun  saya yakin setiap negara pasti memiliki perbedaan dan keunikannya masing-masing, tinggal bagaimana kita mengolahnya menjadi sebuah karya yang best punya.

Apa yang diharapkan dari SP di Indonesia dikemudian hari / kedepannya?

Semoga Street Photography di Indonesia terus tumbuh dan berkembang, Dan semoga makin banyak lagi event-event yang bermanfaat bagi penggiat Street Photography yang sudah dulu atau pun yang baru akan memulainya.

© Algi Febri Sugita
© Algi Febri Sugita
© Algi Febri Sugita
© Algi Febri Sugita

Biodata 

Saya tertarik pada Street Photography pada tahun 2015. Saat saya melihat karya-karya di akun penggiat Street Photography di sosialmedia instagram. Lalu saya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas Street Photo yang ada di Kota Bandung. Dari situlah saya banyak mendapatkan Ilmu dan pada akhirnya semakin mencintai Street Photography ini.

Portfolio link

Flick

Instagram

Website

2 COMMENTS

  1. saya kenal mas algif dari suatu komunitas dan waktu itu mas algif juga sempat masuk di room komunitas street semarang , sangat bangga bisa berkenalan dg mas algif. muda bertalenta dg grafik perkembangan yang mnurut saya sangat menginspirasi sekali . sukses terus pokoknya untuk mas algif dan selalu menginspirasi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.